Indahnya Kesedihan

Hendra Rey : sedih dan pedih terkadang membuat jiwa semakin indah

Bersedih lebih baik daripada tertawa, karena muka muram membuat hati lega.

(Pengkhotbah 7:3)

Satu kali saya dikejutkan oleh kabar dari mantan murid saya di Tiongkok, “Laoshi, kirimkan anakmu kuliah di sini, nanti saya yang urus. Sekarang saya sudah punya uang cukup, untuk membiayai kuliah dan biaya hidup anakmu. Berilah saya kesempatan untuk menyatakan terima kasih saya.!”

Saya terkejut karena sudah lama saya tidak ada komunikasi dengan dia. Saya juga terkejut, karena ternyata masih ada orang yang tahu berterima kasih seperti dirinya. Tahu berterima kasih apalagi tahu balas budi adalah hal yang mulia, namun sangat langka. Jika kita memberi segera lupakan, karena kita hanyalah alat kepanjangan tangan Tuhan yang murah hati. Namun jika kita menerima kebaikan , ingatlah. Orang yang sungguh beriman kepada Tuhan akan tahu  bersyukur kepada Tuhan dan juga tahu berterima kasih kepada manusia yang pernah dipakai oleh Tuhan membantunya. Jika orang tidak tahu bersyukur dan tidak tahu berterima kasih, kemungkinan mereka tidak punya iman yang sungguh kepada Tuhan Yesus.

Sebuah pernyataan yang tulus, yang baru-baru ini saya terima dari Priscila yang dulu pernah menjadi murid kami hampir dua puluh tahun yang lalu. Saya tanya kenapa kamu mau buat seperti ini? Ia pun bilang dulu saya hidup dalam kesedihan , tidak sempat sekolah lulus SMP, Laoshi yang pikirkan dan usaha sehingga saya bisa lulus S-2,  mama saya cuma tukang parkir sepeda pancal di satu sudut kota Beijing. Tapi Tuhan menyelamatkan jiwa saya dan mengangkat hidup saya , itu karena banyak hal Tuhan pakai Laoshi. Saya beberapa kali sedih karena kesulitan hidup yang seakan tak pernah lepas dari kesedihan, beberapa kali pun diputuskan oleh pacar, Laoshi mendampingi. Waktu saya sedih dalam merintis gereja , Laoshi kasih semangat. Sekarang saya sudah punya suami, sudah bisa merintis gereja, dan sudah punya usaha yang cukup untuk menunjang pelayanan, demikian ia menjelaskan sambil berharap anak kami dikirim ke luar negeri untuk diurus olehnya. Niat hatinya saya terima dengan baik, walau anak kami pergi kuliah ke tempat pilihannya sendiri. Satu kali kita bisa berterima kasih karena pernah melewati sedih.

Kok bisa Pengkotbah berkata bahwa bersedih lebih baik daripada tertawa?  

Kesedihan bisa berguna bagi jiwa kita. Kesedihan dapat menyingkapkan hal-hal yang tersembunyi dalam diri kita dan Allah. Kesedihan membuat kita jujur menilai diri sendiri, juga membuat kita merenungkan motivasi, maksud, dan keinginan kita. Kita jadi mengenal diri sendiri, yang dulu belum benar-benar kita kenal. Walau harus jujur waktu kita mengalami kesedihan, Tuhan pun rasanya jauh dari kita yang menantikan kapan Ia menghapuskan air mata ini.

Secara ilmiah , apa yang dikatakan oleh kitab Pengkhotbah ini ternyata terbukti; Salah satu yang saya dapatkan adalah ini, “Seseorang yang menangis sedih bisa menurunkan level depresi karena dengan menangis, mood seseorang akan terangkat kembali. Air mata yang dihasilkan dari tipe menangis karena emosi mengandung 24% protein albumin yang berguna dalam meregulasi sistem metabolisme tubuh dibanding air mata yang dihasilkan dari iritasi mata”. Luar biasa bukan? Allah memang menciptakan air mata kesedihan dengan sebuah tujuan!

Kalil Gibran menyelami selapis demi selapis indahnya danau kesedihan. Ia sapa setiap tetesan air mata. Ia dekap setiap rasa sakit. Ia perciki setiap luka jiwa. Hasil akhirnya sangat mengagumkan, setiap hasil penanya menjadi inspirasi orang dari berbagai belahan dunia dan berbagai jenis agama.

Saudara,

Air mata kesedihan melegakan otak yang panas, seperti hujan pada awan-awan bermuatan listrik.

Air mata kesedihan melepaskan kesengsaraan hati yang tak terpikulkan, seperti luapan air yang mengurangi tekanan banjir pada bendungan

Air mata kesedihan adalah bahan yang dibuat di surga untuk menenun pelangi yang terindah.

Salam Indahnya Kesedihan

Hendra Rey

Kehidupan serupa bulan purnama. Bagian yang terang itu disebut cinta, bagian gelap di baliknya disebut kesedihan. Namun tetaplah ingat, keduanya adalah bulan yang sama.

kunjungi youtube: Hendra Rey

Published by Krynon Journey : Motivation-Education-Information

Saya menjadikan site ini untuk berbagi Motivasi, Edukasi dan Informasi yang berguna untuk membangun sesama manusia.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: