Menggerejakan Keluarga

oleh: Hendra Rey 雷伟业牧师博士

Matius 18:20, “Sebab di mana dua atau tiga orang berkumpul dalam Nama-Ku, di situ Aku ada di tengah-tengah mereka”.

China: Police Invades House Churches, Arrests Members | Believers Portal
Menggerejakan Keluarga

Atas anugerah Tuhan, kami memperoleh kesempatan belajar di Cornerstone Bible College for Mission Training – Netherland, terutama adalah indah belajar dari pelopor riset misi kelas dunia – Patrick Johnstone, penggagas referensi misi Operation World, yang menjelaskan data misi di seluruh dunia termasuk data ribuan suku bangsa. Tergabung dalam Tim Penginjilan Keluarga menjangkau Jerman dan Belanda adalah pelajaran tersendiri Sewaktu mengunjungi rumah-rumah, tim selalu bernyanyi lagu karya Maestro Johan Sebastian Bach, Wo Zwei oder drei in meinem Namen versammelt sind, da bin ich mitten unter ihnen. Artinya di mana dua atau tiga orang berkumpul dalam Nama-Ku, di situ Aku ada di tengah-tengah mereka. Umumnya tuan rumah berharap semua anggotanya yang mulai ateis bisa kembali percaya pada Tuhan Yesus, karena itu mereka bergenggam tangan ketika ikut Wo Zwei Order Drei. Beberapa keluarga mengalami pemulihan, juga beberapa mendapat jawaban doa satu demi satu keluarganya beriman kepada Kristus. Dalam kesaksian keluarga- keluarga tersebut, mereka menyatakan bahwa benar kekristenan mundur di eropa, namun keluarga yang dipulihkan dan diselamatkan dalam Kristus akan kembali memenangkan jiwa. Memang benar banyak Gedung gereja beralih fungsi, tapi kenyataan bahwa imigran-imigran yang non percaya, keluarga-demi keluarga datang pada Kristus itu juga kenyataan yang bergerak lembut namun sangat berdampak.

Joshua 24:15 Memory Verse Printable

Gereja dalam pengertian sebenarnya bukanlah gedungnya, juga bukan even-evennya, melainkan wujud kumpulan orang yang dipanggil untuk menjalankan misi Kristus di dunia ini. Dan itu dimulai dari Keluarga. Misi gereja yang terpenting adalah menjangkau keluarga untuk menjangkau dunia, banyak contoh dalam Alkitab; Kejadian 7:1 Tuhan menyelamatkan Nuh dan seisi rumahnya. Kisah Para Rasul 11:15, Kornelius diberitakan bahwa ia dan seisi rumahnya akan diselamatkan. Kisah Para Rasul 16:15, Lidya mendengarkan Injil dan seisi rumahnya diselamatkan, bahkan dari keluarganya, menjangkau keluarga demi keluarga hingga banyak tempat di Eropa bisa mendengar Injil. KPR 16:31, Kepala Penjara mendengar, ”percayallah kepada Tuhan Yesus Kristus dan engkau akan diselamatkan, engkau dan seiisi rumahmu”.  Masih banyak ayat lainnya, intinya adalah Tuhan menghendaki keluarga menerima keselamatan dalam Yesus, karena keluarga Kristen yang bermisi bisa menyegarkan dan menyehatkan dunia untuk menambahkan jiwa-jiwa datang pada gereja-Nya.

Kami menyaksikan bahwa misi penginjilan keluarga adalah cara yang efektif yang Tuhan pakai. Orang-orang di China punya semangat, “Daerah kami boleh tidak ada Gedung gereja, tapi gereja akan hadir di rumah-rumah. Sejarah mencatat Kebangunan Rohani di China terjadi karena Gerakan gereja rumah.

Keluarga perlu bergereja, dan gereja perlu seperti sebuah keluarga yang hidup.

Yesus Kristus itu Tuhan, Ia maha hadir. Ia berjanji hadir di tengah-tengah keluarga di mana dua atau tiga orang yang berkumpul dalam Nama-Nya. Sehingga iman bertumbuh, kasih bertambah, dan kesaksian hidup Kristen pun menjadi teladan bagi tetangganya, dan tentu saja dapat memberikan ketenangan, kesenangan, kebahagiaan dan kenyamanan.

Misi mengjangkau keluarga adalah hal terpenting, itulah nafas gereja yang sesungguhnya. Karena itu Sebagian besar sumber dan program harusnya mengarah pada penggembalaan dan penjangkauan keluarga. Berdoalah dan berusahalah maka kau akan melihat buahnya, karena Yesus berjanji hadir dan memberkati keluargamu. Bawalah gereja di tengah-tengah keluargamu, dan bawalah keluargamu ke gereja, itulah yang terindah di dalam hidup ini.

Salah satu janji Tuhan yang diberikan lewat Raja Daud adalah, Mazmur 112:1-3 Haleluya! Berbahagialah orang yang takut akan TUHAN, yang sangat suka kepada segala perintah-Nya. Anak cucunya akan perkasa di bumi; angkatan orang benar akan diberkati.  Harta dan kekayaan ada dalam rumahnya, kebajikannya tetap untuk selamanya.

Seorang sahabat, melayani dan mengasihi Tuhan Yesus melalui keluarga, dan itu adalah kesaksian yang indah. Keluarga di Rumah harus menjadi jangkar, pelabuhan dalam badai, tempat berlindung, tempat yang menyenangkan untuk tinggal, tempat di mana kita dicintai dan di mana kita bisa mencintai, dan terutama teman di mana Iman bertumbuh dan menjadi kesaksian bagi keluarga lain.

Salam Menggerejakan Keluarga.

Hendra Rey雷伟业牧师博士

Published by Krynon Journey : Motivation-Education-Information

Saya menjadikan site ini untuk berbagi Motivasi, Edukasi dan Informasi yang berguna untuk membangun sesama manusia.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: