Keluarga Tionghoa menanamkan Konsep Hauw : Hormat dan Berbakti.

oleh: Hendra Rey 雷伟业牧师博士

Keluaran 20:12, “Hormatilah (孝敬) ayahmu dan ibumu, supaya lanjut umurmu di tanah yang diberikan TUHAN, Allahmu, kepadamu.”

Alkitab mengajarkan agar orang tua berulang-ulang mendidik anak untuk mengenal Tuhan, mengerti bagaimana harus hidup di tengah keluarga, masyarakat dan dunia ini. Pada ayat emas hari ini, adalah Hukum ke 5 dari Hukum Taurat yang diberikan Tuhan kepada nabi Musa. Hukum Taurat memiliki dua loh batu; pertama bagaimana manusia kepada Tuhan pencipta. Kedua bagaimana manusia hidup di antara sesamanya, dan itu dimulai dari hal yang paling utama adalah menghormati orang tua. Bahkan  dalam hukum tersebut mengandung janji Tuhan. Tuhan berjanji jika anak  hormat orang tua, akan lanjut umur, akan ada tanah yang diberikan. Artinya anak yang hormat orang tua akan Tuhan berikan kebahagiaan jasmani dan rohani.

12生肖孝敬父母会有何好运
Hormat dan Berbakti

Ada konsep hauw yang menjadi cerminan sikap dan konsep moralitas keluarga Tionghoa sejak dahulu kala. Hauw adalah dialek Hokian, dalam Mandarin ditulis  Xiao (孝)  artinya ‘Bakti’ ini, terdiri dari dua bangun Aksara, yakni :  (老 –  Lao), yang berarti : tua ; dan  (子 –  Zi), yang berarti : anak sehingga seakan-akan menggambarkan; ‘Anak Mendukung / Menjunjung Orang-tua’. Inilah nilai keluarga yakni selalu mengajarkan bagaimana anak menghormati dan berbakti kepada keluarga. Bahkan ditekankan, di antara anak dan Tuhan Pencipta ada orang tua. Jadi anak yang sungguh di kasihi Tuhan adalah anak yang tau hormat dan berbakti kepada orang tua atau keluarga. Tapi konsep ini juga berarti, tanggungjawab orang tua adalah agar anak bisa mengasihi Tuhan sehingga menerima berkat dari langit.

Jadi konsep Hauw sebenarnya terlebih dulu ada dalam Alkitab yakni sejak sekitar 1500 SM.

Sebenarnya semua budaya memiliki nilai-nilai untuk hormat dan berbakti. Hanya mungkin Sebagian keluarga menekankan nilai hormat dan berbakti, sebagian lain berjalan easygoing tanpa menekankan nilai-nilai luhur. Budaya Yahudi misalnya, sangat menekankan jika seorang dikatakan manusia unggul, jika ia melakukan tiga hormat dan bakti yakni; kepada keluarga, kepada bangsa dan negara, dan yang juga penting kepada Bait Allah atau rumah Tuhan.

Kegembiraan orang tua adalah rahasia, dan begitu pula keresahan dan ketakutan mereka, tapi anak yang tau hormat dan berbakti akan menemukan rahasianya, dan menyatakan kasih kepada orangtua, karena kesempatan itu ada batasnya, takkan terulang kembali.

孝敬父母的图片大全(第1页) - 一起扣扣网
Menanamkan Nilai Hormat dan Berbakti

Bagaimana hormat dan berbakti kepada orang tua, supaya kita mentaati Tuhan dan memperoleh janji-Nya?

 Pertama, dengarkanlah ajaran-ajarannya yang baik (Ams 4:1), termasuk ingatlah nasehat-nasehatnya yang baik.

Kedua, senangkanlah hati orangtua dengan cara memberi kabar kepada mereka, mengunjungi mereka, membantu mewujudkan mimpinya yang ingin mempersembahkan seusatuyang baik untuk Tuhan dan sesama, dsb.

Ketiga, jaga nama baiknya dan jangan memperlakukan mereka dengan buruk. Imamat 20:9, “Apabila ada seseorang yang mengutuki ayahnya atau ibunya, pastilah ia dihukum mati; ia telah mengutuki ayahnya atau ibunya, maka darahnya tertimpa kepadanya sendiri.

Dan Keempat, rawatlah mereka pada waktu sudah senja. Mereka mengurusi kita dengan penuh kasih, sampai akhirnya bisa seperti sekarang ini. Bukankah sudah sangat pantas kalau kita perlu merawat orang tua dengan baik?

Salam Hauw (孝)

Hendra Rey雷伟业牧师博士

Published by Krynon Journey : Motivation-Education-Information

Saya menjadikan site ini untuk berbagi Motivasi, Edukasi dan Informasi yang berguna untuk membangun sesama manusia.

2 thoughts on “Keluarga Tionghoa menanamkan Konsep Hauw : Hormat dan Berbakti.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: