Keluarga Rukun; Saling Menyegarkan

Oleh: Hendra Rey 雷伟业牧师博士

Mazmur 133:1. Nyanyian ziarah Daud. Sungguh, alangkah baiknya dan indahnya, apabila saudara-saudara diam bersama dengan rukun!

Mazmur 133 ini sering dinyanyikan oleh orang-orang Yahudi, mengobarkan semangat kerukunan dalam keluarga, dan keluarga memperjuangkan kerukunan bangsa. Dalam misi menyelamatkan 103 sandera Yahudi dari Entebbe, Uganda, tahun 1976. Para tentara Israel harus terbang sepanjang 2500 mil, sambil menyanyikan lagu ini, mengobarkan semangat bahwa keluarga harus diselamatkan. Akhirnya misi mereka berhasil, 103 sandera yang dibebaskan sepanjang perjalanan terbang kembali ke Israel, menyanyi lagu tersebut. O betapa indahnya jika kita berjuang sebagai satu keluarga, untuk menyelamatkan anggota keluarga yang sedang ada dalam masalah.

Mazmur 133 adalah nyanyian Raja Daud yang mengagungkan kerukunan sepanjang jalan ke Rumah Tuhan. Ada banyak hal baik untuk kita tetapi tidak menyenangkan. Juga banyak hal menyenangkan tapi tidak benar dan baik. Tapi kerukunan dalam keluarga adalah hal yang itu baik, benar dan menyenangkan. Ini bahkan sedikit seperti surga yang turun ke bumi.

Free Happy Family Cartoon, Download Free Clip Art, Free Clip Art on Clipart  Library
Keluarga Rukun Bahagia

Ada dua perumpamaan; Pertama, Daud membandingkannya dengan minyak yang mengalir di janggut Harun. Harun adalah perantara antara Tuhan dan umat-Nya. Minyak melambangkan berkat Tuhan yang melimpah, mengalir turun dari surga. Daud ingin menjelaskan bahwa semangat kerukunan keluarga merupakan berkat Tuhan yang melimpah.

Kedua embun Gunung Hermon. Hermon adalah puncak tertinggi di Israel, yakni 9.000 kaki di atas permukaan laut. Itu bisa dilihat sejauh 120 mil. Dua pertiga tahun, itu tertutup salju. Tetapi ketika salju mencair, memberi kesegaran Sungai Yordan sampai Laut Galilea. Allen Ross menafsirkannya bahwa keluarga yang rukun itu menyegarkan. Saling menyegarkan di antara anggota keluarga, dan mampu dipakai Tuhan untuk menyegarkan keluarga-keluarga yang sedang kekeringan cinta kasih.

Mazmur 133 diakhiri dengan kalimat indah, “ke sanalah Tuhan memerintahkan berkat. Tuhan memerintahkan segala berkat yang dibutuhkan kepada keluarga yang rukun.

Mari kita pandang pada Tuhan Yesus, yang sudah merukunkan kembali Pencipta yang kudus dan ciptaan yang berdosa. Ia pun sanggup merukunkan keluarga kita. Keluarga yang rukun itu indah dan menyegarkan serta diberkati Tuhan. Keluarga yang rukun dapat dipakai oleh Tuhan untuk menolong keluarga-kelalurga yang bermasalah.

Keluarga adalah ikatan jiwa yang penuh kasih, saling mempercayai dan saling memahami serta saling memberi kesegaran. Tak ada yang lebih penting selain membangun keluarga.” Keluarga secara biologis itu karunia Tuhan, namun orang-orang yang ditempatkan Tuhan untuk mendampingi dan menguatkan kita, itu juga keluarga. Bahkan di antaranya lebih dekat daripada saudara kandung sendiri. Amsal 18:24 ”Ada teman yang mendatangkan kecelakaan, tetapi ada juga sahabat yang lebih karib dari pada seorang saudara”  Kasih yang melebihi saudara, demikian kata Alkitab. Jangan pernah melupakan orang-orang yang sudah membantu saat kita sedang mengalami masalah yang besar. Tetaplah membangun hubungan yang saling mengerti, membantu dan menyegarkan dengan mereka juga, sebagai keluarga di dalam Tuhan Yesus.

Mari kita berjuang untuk kerukunan keluarga.

Salam Keluarga yang Menyegarkan.

Published by Krynon Journey : Motivation-Education-Information

Saya menjadikan site ini untuk berbagi Motivasi, Edukasi dan Informasi yang berguna untuk membangun sesama manusia.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: