Konsep Xin(信)dalam Keluarga Tionghoa: Menjadi Orang yang Dapat Dipercaya

oleh: Hendra Rey 雷伟业牧师博士

Keluarga Tionghoa Menanamkan Konsep Xin (信): Menjadi Orang yang Dapat Dipercaya

Orang yang dapat dipercaya mendapat banyak berkat, tetapi orang yang ingin cepat menjadi kaya tidak luput dari hukuman. Amsal 28 : 20

Amsal mengajarkan nilai luhur, bahwa orang yang dapat dipercaya itu nilainya jauh lebih besar daripada kekayaan dan segala harta. Kita lalu berpikir buat apa jadi orang yang dapat dipercaya tapi hidup miskin? Ajaran Alkitab ini hendak mengajarkan bahwa orang yang dapat dipercaya , tidak akanhidup miskin, ia akan mengalami kecukupan. Orang yang dapat dipercaya mendapat banyak berkat; itu berarti kecukupan berkat secara jasmani dan rohani. Coba kita pikirkan, untuk apa segala kekayaan berkat jasmani tetapi kita tidak Bahagia sebab, kita merugikan orang lain dan kita menjadi orang yang dikenal sebagai orang yang tidak dapat dipercayai?

Pada zaman dulu, anak-anak dalam keluarga Tionghoa sangat ditanamkan konsep Xin, dapat dipercaya. Dapat dipercaya dalam konsep Xin itu berarti: kejujuran dalam berkata-kata, memiliki kemampuan yang memadai untuk menjalankan tugasnya, bertanggungjawab dan konsisten. Semua itu dimulai dengan kejujuran sebagai konsep dasar yang ditanamkan berulang-ulang.

Kanji Radical 言 ごんべん – 言信訓誤 | KANJI PORTRAITS

Orang Tionghoa meletakkan dasar kejujuran pada urutan pertama di atas segala kemampuan. Bagi orang Tionghoa kepandaian dan keahlian tidak ada artinya bila seseorang tidak memiliki kejujuran. Konsep Xin atau dapat dipercayai, juga di gunakan dalam menjalin hubungan antara suami dan istri, anak dengan orang Tua dan juga ketika mereka akan menyalurkan bantuan atau menjalin Kerjasama, mereka selalu mulai dari orang yang dapat dipercayai. Sekali kepercayaan itu ternoda, maka mereka juga tidak segan-segan memutuskan hubungan. Itu sebabnya dulu banyak pedagang Tionghoa menggunakan kertas rokok sebagai pengganti nota dalam transaksi bisnis yang berjumlah jutaan rupiah. Bahkan dalam perjanjian bisnis cukup di ucapkan tanpa melalui surat perjanjian yang di tempel materai. Perkawinan tidak melalui catatan sipil, melainkan cukup dihadiri kedua mempelai serta saksi-saksi. Kesemuanya itu berjalan dengan lancar tanpa ada penipuan bisnis dan tanpa ada perceraian. Sekarang justru sebaliknya banyak ketimpangan Etika Moral dan ciri ketionghoaan.

 Konsep Xin, itu diajarkan, dilatih, dan diterapkan karena hal itu memiliki filosofi bahwa menjadi orang yang dapat dipercayai adalah martabat kemanusiaan yang tertinggi, bekerjasama dengan orang yang dapat dipercayai adalah jalan yang membahagiakan. Sebaliknya, jika sudah menunjukan sedemikian rupa untuk dapat dipercaya, tetapi orang yang menilai tidak dapat mempercayainya karena asumsi yang sudah melekat pada pemikirannya sendiri, lebih baik tinggalkan orang tersebut karena itu hanya akan mendatangkan racun kehidupan yang merusak jiwa. Misalnya, Si Otong bekerja pada Si Ateng, Otong sudah benar bertanggungjawab, jujur, dan bekerja sebaik mungkin, namun karena Si Ateng, sejak awal punya asumsi buruk, maka terus saja ia meragukan Otong. Jika sudah demikian lebih baik Otong pergi tinggalkan Si Ateng dan cari kerja yang lain, karena terus tidak dipercayai, bisa merusak batin, jiwa dan juga mendatangkan berbagai penyakit jasmani. Namun kini nilai luhur dalam kebudayaan Tionghoa itu banyak yang luntur.

Jika di sini mengangkat keluarga TIonghoa, bukan rasial, namun ini hendak mengingatkan keturunan Tionghoa, apalagi ia Kristen Tionghoa, harusnya membangun Kembali nilai luhur dari Konsep Xin tersebut.

Sebenarnya semua kita, dari etnis apapun, jika kita adalah orang yang percaya kepada Kristus, maka kita harusnya mejadi orang yang dapat dipercaya di tengah dunia ini, dihadapan Tuhan. Jangan pernah menyia-nyiakan kepercayaan yang sudah didapatkan, jika kamu tidak ingin merasakan apa yang dinamakan kehilangan.  Kesepianpu terkait dengan kepercayaan, biasanya mereka yang kesepian kurang bisa mempercayai oranglain secara mendalam, atau juga telah dikhianati oleh orang yang dapat dipercayainya. Kepercayaan itu seperti vas. Setelah rusak, meskipun kamu bisa memperbaikinya, vas itu tidak akan pernah sama lagi. Menjadi orang yang dapat dipercaya itu penting, demikian juga percayalah pada orang yang sudah membuktikan diri dapat dipercaya.  Jika Anda memberikan kepercayaan kepada orang yang tidak layak, Anda sebenarnya memberikan kekuatan untuk menghancurkan diri sendiri. Menemukan orang yang dapat dipercayai juga memerlukan hikmat Tuhan, karena itu mohonlah pada-Nya.

Sebagai orang tebusan Kristus, kita dipanggil menjadi garam dan terang dunia, yang memiliki nilai lebih dari orang-orang yang belum mengenal Allah sehingga bisa menjadi alat saksi-Nya. Oleh sebab itu kita perlu belajar menjadi pribadi yang dapat dipercaya.

Salam satu tokoh Alkitab, Ezra mengajarkan 3 hal bagaimana menjadi orang yang dapat dipercaya;

  1. Memiliki karakter yang baik, jujur, terpuji, taat akan Firman TUHAN dan melakukannya.
  2. Menjadi orang yang kompeten, atau ahli dalam bidangnya dan senantiasa menggali potensi diri, terus belajar, menghasilkan karya dan melakukan inovasi baru.
  3. Bertanggung jawab tanpa memandang besar kecil tugas yang diberikan. Tugas adalah sebuah kepercayaan yang harus dia kerjakan dengan semaksimalnya dan Takut akan Tuhan.

Ezra dipilih oleh raja Arthasasta karena ia jujur, baik dan berkualitas, ia menjalankan semua tugasnya dengan bertanggungjawab, teliti dan iman yang takut akan Tuhan  sehingga ia dipandang menjadi orang yang layak dipercaya, disenangi Raja, para pembesar dan para Penasehat. menjalankan tugasnya dengan baik dan berkualitas. Menjadi yang terpilih berarti menjadi yang terbaik, sesuatu yang terbaik pasti berkualitas. Pada masa itu pasti Ezra yang terbaik, karena ia membuktikan dirinya menjadi orang yang dapat dipercaya.

Salam Menjadi Orang yang dapat Dipercaya

Menjadi Hebat dan Melebihi Sukses, Kuncinya Adalah Menjadi Pribadi Yang Dapat  Dipercaya - KepriNews.co

Published by Krynon Journey : Motivation-Education-Information

Saya menjadikan site ini untuk berbagi Motivasi, Edukasi dan Informasi yang berguna untuk membangun sesama manusia.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: