Natal : Adven dan Makna Warna Lilin

oleh: Hendra Rey 雷伟业牧师博士

Bagaimana seharusnya kita memaknai momen Natal?

Adven dan Arti Warna Lilin

Pada waktu itu tampillah Yohanes Pembaptis di padang gurun Yudea dan memberitakan: “Bertobatlah, sebab Kerajaan Sorga sudah dekat!” Sesungguhnya dialah yang dimaksudkan nabi Yesaya ketika ia berkata: “Ada suara orang yang berseru-seru di padang gurun: Persiapkanlah jalan untuk Tuhan, luruskanlah jalan bagi-Nya.”

Yohanes 3:1-3

Yohanes Pembaptis yang tampil dan menyuarakan pertobatan di padang gurun Yudea mau menunjukkan kepada kita di masa kini bagaimana harus mempersiapkan diri dalam rangka menyambut kedatangan Tuhan kita, Yesus Kristus. Pertobatan di dalam Tuhan Yesus adalah kunci yang harus ditempuh dalam sebuah proses perjalanan hidup manusia. Dengan pertobatan dan menerima pengampunan dari Yesus, hubungan kita yang berdosa dengan Allah yang kudus, dipulihkan.

Banyak gereja merayakan masa Adven. Nama Adven berasal dari bahasa Latin adventus yang artinya kedatangan. Dalam masa ini jemaat menyiapkan diri untuk memperingati kelahiran dan kedatangan Yesus waktu Natal pertama dulu, juga sebagai peringatan jemaat agar mempersiapkan diri menyambut akhir zaman, waktu Yesus datang yang kedua kalinya. Natal pertama, Yesus datang sebagai bayi mungil di Betlehem, hadiah terindah dari Surga supaya setiap orang yang percaya pada-Nya sebagai Jalan Keselamatan satu-satunya, tidak binasa melainkan beroleh hidup kekal. Kedatangan-Nya yang kedua kali, Ia akan datang sebagai Hakim yang menentukan apakah seseorang masuk surga yang mulia atau justru jatuh ke dalam Neraka yang mengerikan.

oaseintim: Liturgi Minggu-minggu Adven

Masa Adven selalu mulai pada hari Minggu terakhir di bulan November dan berlangsung sampai malam Natal 24 Desember, jadi selalu terdiri dari empat hari Minggu. Pada minggu-minggu selalu dinyalakan lilin-lilin berwarna yang melambangkan:

  • Minggu Pertama: sebatang lilin ungu lambang penyesalan dan pertobatan.
  • Minggu Kedua: dua batang lilin ungu lambang kesetiaan. Sebagian orang Kristen belajar berpuasa.
  • Minggu Ketiga (Gaudete): dua batang lilin ungu dan satu lilin merah jambu lambang sukacita.
  • Minggu Keempat: tiga batang lilin ungu dan satu lilin merah jambu lambang perdamaian.
  • Malam Natal dan Hari Raya Natal: empat lilin dan satu lilin putih di tengah rangkaian lilin adven. Lilin putih yang dinyalakan di tengah lingkaran adalah lilin Natal, yang melambangkan kelahiran Kristus.

Mari kita maknai masa-masa Adven menyambut Natal dengan penyesalan dan pertobatan di hadapan Tuhan. Pertobatan yang mengundang kita untuk mengubah cara pandang kepada Allah. Sekali lagi, mari belajar hidup kudus dan benar sesuai Alkitab, hiduplah dalam pertobatan, dan jadilah agen Allah untuk membawa orang berdosa mengalami pertobatan dan pengampunan dosa dalam Tuhan Yesus. Itulah makna Adven yang terpenting.

Salam Adven.

Refleksi Diri:

  • Pada masa Adven ini, apa persiapan diri yang Anda lakukan dalam rangka menyambut Yesus Kristus, sudahkah engkau menerima-Nya sebagai Tuhan dalam hidupmu?
  • Apa langkah konkrit Anda menjadi menjadi agen Allah yang membawa orang lain kepada pertobatan?
  • Maukah Anda membagikan kasih dan kepedulian kepada seseorang ketika mempersiapkan diri menyambut Natal? Berilah waktumu, tenagamu, pikiranmu atau juga hadiah materi yang dikhususkan untuk menyatakan kasih Allah, kepada mereka, sesama yang sedang membutuhkan.

Published by Krynon Journey : Motivation-Education-Information

Saya menjadikan site ini untuk berbagi Motivasi, Edukasi dan Informasi yang berguna untuk membangun sesama manusia.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: