Bagaimana Keluar dari Jurang Kehidupan

oleh : Hendra Rey 雷伟业牧师博士

Ketika kita terperosok dalam jurang kehidupan, apa yang akan kita lakukan? Menyerah? Pasrah dan berdiam diri? Atau kita mencoba menyelesaikan dengan sekuat tenaga? Mari kira belajar dari Daud, seorang Raja Hebat dari Israel. Orang hebat bukannya orang yang tidak pernah jatuh dan terperosok , namun orang yang tahu bagaimana caranya bangkit dan melanjutkan kehidupan dengan lebih bijaksana.

Mazmur 130

Dari jurang yang dalam aku berseru kepada-Mu, ya TUHAN! Tuhan, dengarkanlah suaraku! Biarlah telinga-Mu menaruh perhatian kepada suara permohonanku. Mazmur 130:1-2

Jurang pada Mazmur 130 menggambarkan situasi kehidupan yang sedang menghadapi berbagai persoalan yang harus kita selesaikan. Tak jarang masalah-masalah tersebut perlu waktu tak sedikit untuk menuntaskannya. Masalah rumah tangga, ekonomi dan juga arti hidup serta tujuan hidup membuat kita jatuh ke dalam jurang kehidupan. Energi dan pikiran terus-menerus digunakan untuk mencari solusi tepat. Dalam sikon demikian, kita bisa terjebak menyalahkan orang lain dan keadaan sebagai ungkapan hati kita yang mulai frustasi menghadapinya.

Begitu lah kadang2 bila k... - Chitra Banerjee Divakaruni - Quotes.Pub

Melalui Mazmur Daud ini, kita bisa belajar bagaimana keluar dari jurang kekelaman hidup yang terdalam. Cara yang Daud tunjukan sebagai berikut:

(1) Berseru dan mohon belas kasihan Tuhan (ay. 1). Terkadang orang yang ingin menolongpun tak mampu mengerti kesesakan dan penderitaan kita. Seruan Daud disampaikan dengan keyakinan bahwa Tuhan Yesus akan menolong sesuai janji-Nya. Bukankah Yesus pernah berkata, “Marilah kepadaku semua yang letih lesu dan berbeban berat”?

(2) Menyadari kesalahan yang dibuat, yang menyebabkan kita terperosok ke dalam jurang tersebut. Ini merupakan tindakan antisipasi ke depan supaya tidak terperosok ke jurang yang sama (ay. 3). Ketika dengan tenang memahami apa yang sedang terjadi, kita disadarkan bahwa ketika kita terperosok dalam jurang kehidupan seringkali adalah karena kesalahan dan kebodohan kita sendiri. Berita baiknya Tuhan Yesus selalu ingin menolong orang yang berseru kepada-Nya.

(3) Menantikan pertolongan Tuhan dalam setiap tahap penyelesaian masalah. Tuntunan Tuhan sempurna adanya. Dia penolong yang sangat terbukti. (ay. 5). Ketika segala perjuangan tak mampu membuat kita keluar dari jurang kehidupan, Pada akhirnya kisah hidup kita menjadi pahlawan atau pecundang adalah apakah kita menyambut uluran tangan Tuhan atau kita mengabaikannya. Semua kita bisa keluar dari jurang kehidupan itu benar, tapi tidak semua kita mampu keluar sendiri dari jurang tersebut kecuali mengandalkan tangan Tuhan yang terulur, itu juga benar.

(4)Menumbuhkan keyakinan iman kita bahwa Tuhan itu kasih setia-Nya tak jauh dari orang yang berharap kepada-Nya. Dia akan membebaskan dari kita semua jerat yang bisa menjerumuskan (ay. 7-8). Fokus pada tujuan dengan berpegang pada keyakinan tersebut akan dapat menolong kita dalam perjalanan hidup ini. Ajaran yang kita yakini sebagai kebenaran hidup akan menjadi penuntun yang pasti bila kita setia menjalankannya dalam kehidupan sehari-hari. Tak diragukan.

Sometimes, you may think you have fallen into a...

Saudaraku, ketika jurang masalah menjerumuskan, kadang kala kita harus menghadapinya seorang diri. Kita merasa seolah-olah Tuhan meninggalkan dan membiarkan kita sendirian. Namun ketahuilah, perasaan-perasaan itu bisa timbul karena penglihatan kita yang terbatas karena dalamnya jurang masalah. Apakah kita mau hidup penuh kekhawatiran, ketidakpastian, dan kesusahan, atau hidup tetap dalam sukacita dan keyakinan sepenuhnya akan janji-janji Tuhan, semua tergantung dari ke arah mana kita mengarahkan pandangan. Oleh karena itu, gantilah arah pandangan kita pada celah lubang jurang di mana ada udara segar kebebasan dan cahaya matahari terang. Arahkanlah pandangan kepada Tuhan Yesus. Percayalah, Dia sanggup melepaskan kita dari jurang masalah seberat apa pun. Meskipun kita belum bisa melihatnya saat ini, pakailah mata iman kita dengan baik untuk melihat bahwa Tuhan Yesus tidak sekalipun meninggalkan kita.

Saya berdoa kiranya Anda yang sedang mengalami kelamnya jurang kehidupan bisa melihat secercah harapan yang membawamu bukan hanya keluar, tapi naik lebih tinggi bersama-Nya.

Salam Keluar dari Jurang

Published by Krynon Journey : Motivation-Education-Information

Saya menjadikan site ini untuk berbagi Motivasi, Edukasi dan Informasi yang berguna untuk membangun sesama manusia.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: