Filosofi Tionghoa De 德

oleh : Hendra Rey 雷伟业牧师博士

Banyak orang Tionghoa memberikan nama anaknya dengan unsur De德, karena mengharapkan anak tersebut dikemudian hari kekuatannya akan bertumbuh yang dipenuhi dengan segala kebijaksanaan, memiliki moralitas yang tinggi, dan penuh kebajikan. Perhatikan filosofinya, kekuatan sejati itu muncul dari kebijaksanaan, kebajikan dan juga menjaga moralitas tetap pada level yang tinggi sesuai dengan aturan.

邓鸿领书法作品单字欣赏:德、善、雅、道”-设计师博客

Bagaimana caranya bisa demikian, mari kita perhatikan unsur-unsurnya.

Katrakter berarti ; moral, kebajikan yang berdasarkan kebijaksanaan, dan hidup seusai etika yang baik.

Katrakter terdiri dari beberapa unsur;

Pertama, yang artinya Langkah kaki atau pergi

Kedua,  yang artinya lurus atau sesuai aturan

Ketiga, hati atau pikiran.

Jadi secara sederhana De 德 itu bisa dicapai jika kita berjalan dalam hidup sesuai dengan hati dan pikiran yang lurus sesuai dengan aturan tertinggi, tentunya diperlukan perjuangan dan ketekunan serta kesebaran yang terus menerus untuk bisa semakin baik dalam De 德。

Karakter ini ditemukan pertama kali pada Dinasti Shang 上朝(sekitar 1600–1046 SM) namun tidak banyak, dan kemudian tulisan karakter De 德 ini ditemukan banyak sekali pada kebudayaan dan perunggu-zaman Dinasti Zhou 周朝(1045–256 SM).

Konsepsi Dinasti Zhou, De 德 harus bisa ditemukan dalam  empat dunia yang berbeda yaitu;

Pertama  “Kebajikan Surga/langit” (tiande 天德), Kebajikan Surga itu selalu menginginkan manusia hidup dalam keadaan yang baik, menikmati alam semesta ini dan harmoni dalam hubungannya dengan sesama. Jadi manusia yang mengaku hidupnya dekat dengan unsur surga seharusnya ia bisa menikmati hidup dalam dunia ini, dan juga bisa membangun dunia ini dengan bertanggung jawab serta menjaga relasi antar sesama agar tetap dalam keharmonisan. Nah  manusia yang bijaksana akan berusaha mengerti dan menemukan kebajikan langit/surga.

Kedua, “Kebajikan Penguasa” (wangde 王德), Kebajikan penguasa adalah kebajikan orang-orang yang dipercayakan menjadi pemimpin. Pemimpin memiliki pandangan yang luas dan jauh ke depan sehingga ia mampu untuk membawa semua orang yang dibawah kekuasaannya atau kepemimpinannya sampai kepada sesuatu yang mendatangkan kesejahteraan, keharmonisan dan kebajikan. Kebajikan Penguasa intinya adalah kebijaksanaannya sehingga ia tidak akan disibukan dengan hal-hal detil. Hal detil atau pelaksana harian dipercayakan kepada para Menteri nya. Penguasa harus sering berkomunikasi dengan para Menterinya jika visi dan mimpinya bisa terwujud, dan tentu saja penguasa dan pemimpin perlu juga turun kebawah untuk mengerti pergumulan dan kebutuhan rakyatnya.

Ketiga, “Kebajikan Menteri” (chende 臣德), Kebajikan Menteri adalah ketika dia jelas mengerti visi dan  mimpi Penguasa atau pemimpin lalu dia mencoba menterjemahkannya dalam hal yang lebih detil serta menyusun langkah-langkah strategis. Menteri perlu punya komunikasi yang baik juga dengan rakyat. Karena jika tidak rakyat akan sulit mengerti apa yang dikehendaki oleh Penguasa/Pemimpin. Menteri adalah kunci strategis, ia adalah orang yang harus berada di antara Penguasa dan Rakyat. Tugas para Menteri tidaklah mudah itu sebenarnya Penguasa perlu percaya penuh. Prinsipnya jika memilih para Menteri tersebut harsulah orang yang bisa dipercaya oleh penguasa, jika tidak bisa percaya maka tidak usah memakainya. Jika mengabaikan unsur ini maka segalanya akan berantakan. Penguasa tidak percaya penuh, para Menteri tidak biosa dipercaya, maka tidak akan lahir kebajikan dari semua visi dan mimpi penguasa.

Keempat, “Kebajikan Rakyat” (minde 民德). Kebajikan rakyat adalah Ketika rakyat bisa bekerja sama dengan Menteri untuk mewujudkan visi dan mimpi Penguasa. Jika rakyat bisa bekerjasama menjalankan program para Menteri atau staf penguasa maka akhirnya kesejahteraan, kebajikan dan keharmonisan serta segala manfaat akan kembali kepada rakyat juga.

Bagaimana praktisnya? Jika kita ada pada posisi-posisi tersebut (Penguasa/pemimpin, Menteri ataupun Rakyat), mari mulai dengan apa yang Langit/Surga kehendaki terjadi di muka bumi dan apa yang Langit/Surga kehendaki melalui diri kita masing-masing.

Mari kita berjalan dalam kehidupan ini dengan hati dan pikiran yang lurus, sesuai yang sudah ditetapkan Tuhan dari Surga, agar moralitas terbangun, kebijaksanaan dalam hidup dijalankan sehingga kita penuhi dunia di sekitar kita dengan rupa-rupa kebajikan.

Sudahkah Anda memiliki De德 ?

Hendra Rey 雷伟业牧师博士

书法德字图片设计元素素材免费下载(图片编号:1285003)-六图网

Sebagai orang Kristen, saya seharusnya menjalani hidup dengan mengarahkan hati dan pikiran kepada Kristus, apa yang yang Ia kehendaki untuk terjadi dalam dunia ini, dan apa yang Ia kehendaki untuk saya lakukan. Bagaimana dengan Anda?

Published by Krynon Journey : Motivation-Education-Information

Saya menjadikan site ini untuk berbagi Motivasi, Edukasi dan Informasi yang berguna untuk membangun sesama manusia.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: