Tuhan Mengubah Yefta dari Seorang Perompak menjadi Pahlawan Bangsa

Apapun Masa Lalumu, Tuhan Bisa Memakaimu

Hakim-Hakim 11:1-11

              “Maka Yefta ikut dengan para tua-tua Gilead, lalu bangsa itu mengangkat dia menjadi kepala dan panglima mereka. Tetapi Yefa membawa seluruh perkaranya itu ke hadapan TUHAN, di Mizpa (11).

              Kitab Hakim-hakim menceritakan suatu pola yang terus terulang dari awal sampai akhir, yakni penyembahan berhala – Allah murka dengan menyerahkan Israel ditindas bangsa lain – berseru-seru – Allah membangkitkan hakim untuk menyelamatkan – masa aman – lalu kembali menyembah berhala. Tak tanggung-tanggung, sebelum Yefta diangkat menjadi hakim, orang Israel menyembah 7 dewa (10:6). Allah murka atas kejahatan orang Israel dengan menyerahkan mereka ditindas selama 18 tahun oleh bani Amon. Penindasan telah membuat orang Israel berseru-seru kepada Tuhan. Lalu Tuhan memunculkan seorang hakim yang bernama Yefta untuk menyelamatkan Israel dari bani Amon.

              Kemunculan Yefta memiliki cerita yang menarik, latar belakangnya berbeda dengan kisah hakim lainnya. Yefta adalah orang yang awalnya ditolak orang Gilead, tetapi di kemudian hari diminta oleh tua-tua Gilead untuk menjadi panglima mereka guna memimpin peperangan melawan bani Amon. Mengapa dia ditolak? Karena dia anak Gilead, tetapi dari ibu seorang perempuan sundal. Di keluarga besar dan kalangan masyarakat, dia disisihkan dan tidak dihargai. Lalu setelah saudara-saudaranya tirinya besar, karena harta, Yefta diusir sebab ia anak dari perempuan lain.

              Masa lalu Yefta menyedihkan. Di dalam pelarian menghindari saudara-saudaranya, Yefta memilih jalan kelam. Ia diam di tanah Tob dan menjadi pemimpi penjahat. Pekerjaannya merampok orang lain, tapi inilah misteri Ilahi, orang seperti ini kok bisa diangkat-Nya menjadi seorang hakim.

              Permintaan tua-tua Gilead kepada Yefta untuk memimpin mereka berperang diambil tanpa terlebih dahulu bertanya atau berdoa kepada Tuhan. “Para pemimpin bangsa di Gilead berkata seorang kepada yang lain: Siapakah orang yang berani memulai peperangan melawan bani Amon itu? Dia-lah yang harus menjadi kepala atas seluruh penduduk Gilead.” Yefta yang dulunya dibenci dan diusir mereka, namun kali ini disanjung dan dianggap penting. Pertimbangannya bisa ditebak, Yefta adalah seorang pahlawan yang gagah perkasa dan mereka sedang terdesak. Keputusan mereka memang tidak melibatkan Tuhan, namun hebatnya Tuhan turut campur tangan sehingga Yefta-lah yang terpilih.

              Yefta dipakai Tuhan menjadi hakim bukan tanpa melalui pertobatan. Pertobatan Yefta terwakili oleh kalimat, “Yefta membawa seluruh perkaranya itu ke hadapan Tuhan.” yang artinya meliputi hubungan dirinya dengan Tuhan, dirinya dengan dirinya sendiri, dirinya dengan keluarganya, dan dirinya dengan tugasnya. Hidupnya diubahkan Tuhan, masa lalu dan kepahitannya dipulihkan. Ia tidak terjebak dalam kenangan masa lalu, namun fokus untuk menyelesaikan tugas yang dipercayakan kepadanya. Dan di tangan Tuhan, Yefta dipakai memimpin orang Gilead mengalahkan bani Amon. Kemenangan gemilang ini berbuah situasi aman bagi bangsa Israel.

              Kisah Yefta telah menyuguhkan pelajaran bahwa semua orang berharga di mata Tuhan, terlepas apapun masa lalunya. Tuhan bisa memulihkan dan memakainya menjadi alat-Nya. Yefta yang pernah ditolak, tetapi diangkat Tuhan sehingga dihormati orang Gilead.

Saudara, betapapun hebatnya masa lalu mu, semua itu tak bisa diraih dan diulang kembali, kendati kita dapat belajar darinya. Demikain juga sebaliknya, sekelam apapun masa lalumu, jangan mengingatnya dengan penyesalan seakan-akan noda kelam itu tak mampu dihapuskan sehingga kita tidak berkarya dalam hidup dan mempersembahkan yang terbaik kepada Tuhan. Wajar bila kita merasa terpuruk dan ingin menangis bila kenangan di masa lalu muncul dalam ingatan. Namun, jangan biarkan masa lampau terus-terusan menggorogoti pikiran dan hatimu.

Cuma dua yang suka mengingat masa lalu yang kelam dan penuh dosa, yakni Iblis/Setan dan Manusia. Jika manusia selalu mengingatkan engkau pada masa lalumu yang kelam, maka katakanlah kepadanya, bahwa Tuhan Yesus datang dan mengubah hidupmu.

Jika Setan mengingatkan engkau pada masa lalu mu yang berlumur dosa, maka ingatkanlah Setan akan masa depannya di Neraka.

Bagaimana Tuhan terhadap masa lalumu yang kelam dan belumur dosa? Perhatikan firman-Nya;

“Marilah, baiklah kita berperkara! –firman TUHAN–Sekalipun dosamu merah seperti kirmizi, akan menjadi putih seperti salju;sekalipun berwarna merah seperti kain kesumba, akan menjadi putih seperti bulu domba.” Yesaya 1:18

Allah tidak ingin mengutuk dan membinasakan umat-Nya. Ia menawarkan pengampunan penuh jikalau mereka mau bertobat, membuang kejahatan, berusaha melakukan yang benar, dan menaati firman-Nya (Yesaya 1:16-19). Pengampunan Allah kini tersedia bagi semua orang, yang sekalipun telah berbuat dosa, mengakui dosa-dosa mereka, bertobat, dan menerima penyucian Allah melalui darah Yesus Kristus (Lukas 24:46-471 Yohanes 1:9). 

Jangan biarkan masa lalu mengusik dan memenjarakanmu serta menjauhkanmu dari kebahagiaan. Anda bisa sesekali menoleh ke belakang, namun jangan membawanya kembali. Lepaskanlah masa lalu yang kelam, Tuhan sudah mengampuni semau itu. Memang, ketika kamu masuk proses melepaskan, kamu akan kehilangan banyak hal dari masa lalu, tetapi kamu akan menemukan dirimu sendiri.

              Di tangan Tuhan Yesus, apapun masa lalu Anda, entah itu kelam atau gemerlap, pernah tertolak atau belum, dapat dipakai-Nya menjadi berkat. Kenangan akan masa lalu tidak boleh menghancurkan, menghalangi, atau mengalahkan kita; seharusnya itu membuat kita kuat dan bijkasan untuk menghadapi masa kini dan masa depan. Masa lalu semua orang berbeda, tapi Tuhan mampu mengubah dan memakainya. Ada banyak kisah seorang penjahat dan pendosa diubahkan menjadi seorang pahlawan yang dipakai oleh Tuhan, kisah itu akan dilanjutkan Tuhan melalui diri Anda. Maukah Anda dipakai-Nya menjadi berkat bagi sesama?

Published by Krynon Journey : Motivation-Education-Information

Saya menjadikan site ini untuk berbagi Motivasi, Edukasi dan Informasi yang berguna untuk membangun sesama manusia.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: