Bahasa Kasih

Bahasa Kasih

oleh : Hendra Rey

Kasih tidak berbuat jahat terhadap sesama manusia, karena itu kasih adalah kegenapan hukum Taurat. Roma 13:10

Sewaktu kecil saya suka melihat ke dalam gereja, dari luar pagar gereja. Yang buat saya selalu ingat, adalah ketika lagu Bahasa Kasih dinyanyikan, saya selau ingin mendengarnya berulang-ulang, rasanya sejuk di hati, dan membawa saya mengerti bahwa kasih hanya di dalam Yesus , lalu hati saya menjadi berkobar-kobar untuk melakukannya. Rasanya gereja adalah tempat yang seharusnya belajar saling menerapkan bahasa cinta kasih Tuhan.

Andaikan aku lakukan
Yang luhur mulia
Jika tanpa kasih cinta
Hampa tak berguna

Reff:
Ajarilah kami bahasa cintaMu
Agar kami dekat padaMu ya Tuhanku
Ajarilah kami bahasa cintaMu
Agar kami dekat padaMu

Andaikan aku pahami
Bahasa semua
Hanyalah bahasa cinta
Kunci tiap hati

Cinta itu lemah lembut
Sabar sederhana
Cinta itu murah hati
Rela menderita

Kasih tak dapat bersekutu dengan kejahatan. Karena itu, kasih tidak mungkin berbuat jahat kepada sesamanya, melainkan berbuat kebajikan. Untuk berbuat kebajikan kita perlu mengetahui bahasa kasih seseorang.

Coba kenali Gao Fenghan (高鳳翰, 1683-1749 SM). Gao Fenghan adalah seorang seniman terkenal dari Dinasti Qing. Banyak lukisan dibuat pada masa dinasti ini adalah hasil karyanya. Pada suatu hari, ketika Gao Fenghan sedang dalam perjalanan, ia bertemu dengan seorang pengemis tua buta. Pengemis itu memegang sebuah mangkuk, mengemis di jalanan dengan sangat menyedihkan. Timbul rasa kasihan di hati Gao Fenghan. Ia kemudian membawa pengemis tua itu pulang ke rumahnya serta mengundangnya makan.

Fenghan Gao - Sell & Buy Works, prices, biography
Salah satu Perintis Lukisan 4 Musim , Karya Gao Feng Han seitar tahun 1703 masehi

Selesai makan, Gao Fenghan mencuci bersih mangkuk makan pengemis itu kemudian ia menulis sebaris kata di mangkok tersebut. “Langit kelabu gelap, jalan di depan samar-samar, langkah kaki tidak bebas berkelana di dunia, susah mendapatkan semangkuk nasi cuma-cuma.” Lalu ia membubuhi tanda tangan dirinya di bawah tulisan itu.

Pengemis ini membawa mangkuk itu ke mana pun ia pergi. Akibat tulisan Gao Fengham yang ada di mangkuknya, semua orang berebut mengundang ia makan untuk menikmati karya Gao Fenghan yang terkenal. Mulai saat itu setiap hari pengemis itu dapat makan dengan kenyang. Pada saat pengemis tersebut meninggal, berkat dari hasil menjual mangkuknya, ia bisa mempunyai uang untuk mengurus pengebumiannya.

Saudara, menurut penulis buku Lima Bahasa Kasih, Gary Chapman, setiap orang memiliki bahasa yang berbeda supaya merasa dikasihi. Pertama, ada orang yang akan merasa dikasihi apabila kita mendengarkan atau menemaninya. Orang tipe kedua, merasa dikasihi apabila kita memberikan kata-kata pujian kepadanya. Ketiga, merasa dikasihi kalau diberikan hadiah-hadiah. Keempat, merasa dikasihi jika ia dilayani, dan terakhir, seseorang merasa dikasihi jika ia disentuh, di peluk atau di rangkul.

JIka kita mengasihi seseorang, kenalilah bahasa kasih yang paling ia butuhkan. Dalam berbagai kunjungan saya ke orang-orang usia lanjut, bahasa kasih mereka sangat beragam. Namun, ada beberapa yang sangat suka jika kue buatannya saya cicipi dengan rasa enak. Ketika saya memakannya mereka merasa dikasihi.

Coba kenali bahasa kasih orang di sekitar Anda dan segeralah mengasihi sesuai bahasa yang mereka butuhkan. Bapa di Sorga, kami tahu bahwa sangat penting mempelajari bahasa kasih orang-orang di sekeliling kami dan kami rindu menjadi jawaban bagi mereka. Bimbing dan tuntunlah kami untuk bisa mengasihi dengan benar dan tepat seperti Engkau mengasihi kami. Yuk nyanyi bersama saya lagu bahsa kasih…Ajarilah kami bahasa cinta-Mu….

Salam bahasa kasih.

KASIH BERTUMBUH DENGAN BERBAGI KEBAJIKAN.

KASIH BERTAHAN DENGAN MEMBAGI BEBAN.

Published by Krynon Journey : Motivation-Education-Information

Saya menjadikan site ini untuk berbagi Motivasi, Edukasi dan Informasi yang berguna untuk membangun sesama manusia.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: