Tough : Prajurit Kristus yang Tangguh

Tough

oleh : Pdt. Hendra Rey

2 Timotius 2:1-15

Sebab itu, hai anakku, jadilah kuat oleh kasih karunia dalam Kristus Yesus.

2 Timotius 2:1

Orang yang tangguh (tough) bukan berarti tidak boleh menangis. Tangguh berarti walau menangis karena sulit dan sakit, tapi menolak untuk menyerah, malah ia bertekad melakukan yang lebih lagi untuk mempersembahkan yang terbaik buat Tuhan.

Paulus menasihati Timotius untuk menjadi pelayan Kristus yang tangguh. Demikian pula Alkitab sebenarnya hendak membentuk dan mengajar kita menjadi orang Kristen tangguh, yang tahan akan setiap kesulitan, tapi juga berjuang maju tak gentar untuk mencapai sesuatu yang indah dari Tuhan. Ketahuilah bahwa kristen sejati adalah seorang pejuang … dan bahwa seorang pejuang sejati membawa cinta, keberanian, dan hati nuraninya ke dalam medan pertempuran.

Life Is Tough But So Am I - Christian - Life Is Tough - Magnet | TeePublic

Untuk mengerti bagaimana menjadi tangguh, firman Tuhan memakai tiga analogi berikut:

Pertama, jadilah prajurit Kristus yang tak takut kesulitan dan penderitaan (ay. 4). Prajurit tangguh berani terus maju berperang dengan segala keberanian menghadapi musuh yang menghadang. Ia tidak pusing dan khawatir akan penghidupan karena yakin Tuhan yang akan mencukupkan. Yang penting buat prajurit Kristen meraih kemenangan di dalam hidup meski harus mengeluarkan peluh keringat dan meneteskan air mata.

Kedua, jadilah seperti olahragawan yang mau berlatih sekeras mungkin dan sepintar mungkin untuk mendapatkan Mahkota Juara (ay. 5). Seperti petinju, seorang olahragawan tahu ke mana ia harus memukul. Atau seperti pelari, seorang olahragawan yang baik tahu ke mana ia harus berlari (bdk. 1Kor. 9:26). Petinju tidak meninju secara sembarangan. Pelari tahu tujuan arah larinya. Keduanya punya tujuan yang pasti dari latihannya, yaitu hendak mencapai Mahkota Juara dan ia pintar mengatur strategi dalam mencapainya.

Ketiga, jadilah seperti petani yang berani bekerja keras (ay. 6). Bagaimana mengatasi hama, menghadapi tantangan cuaca, dan mempertahankan ketekunan luar biasa dalam bertani, hingga akhirnya mencapai hasil yang memuaskan. Prajurit yang tangguh bisa menikmati usaha kerasnya yang membuahkan hasil.

Lihatlah, betapa kekristenan bukan sesuatu yang gampangan, tetapi perlu kerja keras, ketahanan mental, semangat juang tinggi, dan daya tahan yang luar biasa. Prajurit Kristus harus punya fokus dan kedisiplinan yang tinggi. Sudahkah Anda menjadi Prajurit yang tangguh?

Salam tangguh.

Hendra Rey 雷伟业牧师博士

Published by Krynon Journey : Motivation-Education-Information

Saya menjadikan site ini untuk berbagi Motivasi, Edukasi dan Informasi yang berguna untuk membangun sesama manusia.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: