Kualitas Iman yang Melangkah Maju – Next Level Faith

oleh: Hendra Rey

Kualitas Iman yang Lebih Baik

Justru karena itu kamu harus dengan sungguh-sungguh berusaha untuk menambahkan kepada imanmu kebajikan, dan kepada kebajikan pengetahuan,

2 Petrus 1:5

Apa perbedaan bintang film dengan orang Kristen? Bintang film berusaha sungguh-sungguh untuk hal yang tidak sungguh-sungguh. Orang Kristen sering tidak berusaha sungguh-sungguh untuk hal yang sungguh-sungguh. Tuhan mau kita sungguh-sungguh karena hidup, terutama pertumbuhan iman perlu sungguh-sungguh.

Apakah pertumbuhan iman kita sekarang pada level biasa-biasa saja? Bagaimana caranya untuk bisa To the Next Level? Jawabannya, kita harus sungguh-sungguh berusaha. Perhatikan bahwa kesalehan seperti yang Tuhan Yesus kehendaki dalam hidup kita, tidaklah bertumbuh secara otomatis tanpa usaha yang tekun untuk mengembangkannya. Jadi canangkanlah tekad di awal tahun ini untuk bersungguh-sungguh, hingga kita bisa To the Next Level.

Dalam dua ayat sebelumnya, Petrus meringkas manfaat besar yang telah kita terima saat mengenal Tuhan melalui iman di dalam Kristus. Kita telah diperlengkapi untuk mengikuti teladan kemuliaan dan kebaikan Yesus. Kita tidak melewatkan apa pun yang kita butuhkan untuk menjalani kehidupan yang Dia panggil. Lebih dari itu, melalui iman kepada Yesus, kita telah diberikan hak untuk berpartisipasi, untuk bermitra dengan Kristus dalam memenuhi tujuan Tuhan di bumi.

Mengapa tampaknya banyak orang Kristen sangat jauh dari kehendak Allah, tidak hidup dengan tujuan, sukacita, dan kasih Kristus? Mengapa orang Kristen terus hidup menikmati dosa, juga dari segala bentuk korupsi yang seharusnya sedikit demi sedikit kita tanggalkan?

Ayat ini memberi kita petunjuk. Tuhan telah memberi semua yang kita butuhkan untuk hidup seperti Yesus. Sebelum kita menerima anugerah Tuhan, kita kekurangan kemampuan dan keinginan untuk hidup dalam kemuliaan Yesus. Sekarang kita telah diberdayakan untuk melakukannya, kita harus “melakukan segala upaya” untuk menambahkan kualitas “di samping” iman kita. Dengan iman, kita datang kepada Kristus. Dengan kuasa Kristus, kita harus bekerja untuk menambah kebaikan pada iman kita, dan menambah pengetahuan pada kebaikan kita.

Untuk sampai pada Next Level, prinsip iman yang sungguh-sungguh, bisa kita terapkan pada segala pekerjaan dan tugas yang kita emban di dalam hidup ini.

God’s not going to promote you because you have a dream, He’s going to promote you because you’ve maximized where you are so now you’re ready to go to the next level. …

Salam tingkatkan kualitas iman dan hidup.

Pdt. Hendra Rey

Refleksi Diri:

  • Bagaimana level iman Anda saat ini? Sudahkah Anda mengusahakan sungguh-sungguh untuk meningkatkan kualitas iman?
  • Apa upaya nyata yang bisa Anda lakukan untuk meningkatkan kualitas iman?

Published by Krynon Journey : Motivation-Education-Information

Saya menjadikan site ini untuk berbagi Motivasi, Edukasi dan Informasi yang berguna untuk membangun sesama manusia.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: