Giat dan Berhasil : Menuju Kuantitas yang Lebih Baik

2 Petrus 1:5-8

To the Next Level: Menuju Kuantitas yang Lebih Baik– Hendra Rey

Sebab apabila semuanya itu ada padamu dengan berlimpah-limpah, kamu akan dibuatnya menjadi giat dan berhasil dalam pengenalanmu akan Yesus Kristus, Tuhan kita.

2 Petrus 1:8

Next Level adalah satu keadaan yang lebih baik yang ingin dicapai oleh seseorang. Salah satu ciri keadaan yang lebih baik selalu bicara pada kuantitas. Frasa “berlimpah-limpah” pada ayat emas kita, jelas berbicara tentang kuantitas. Tuhan Yesus mau kuantitas iman kita meningkat, yang semua itu dapat dilihat dari kuantitas kebajikan, ketekunan, sampai kepada berapa banyak kasih yang kita berikan kepada saudara-saudara seiman dan sesama manusia demi nama Tuhan.

Petrus memulai surat singkat ini dengan mengingatkan bahwa orang Kristen tidak boleh melewatkan apa pun yang mereka butuhkan untuk menjalani kehidupan yang baik dan saleh karena mereka telah dipanggil (ay. 3). Mereka harus bekerja untuk menambahkan kuantitas ke dalam iman mereka, dengan standar kualitas Yesus. Ini membutuhkan usaha, tidak seperti keselamatan kekal yang tidak didasarkan pada pekerjaan kita. Orang Kristen yang tidak menambahkan kuantitas dan kualitas sifat-sifat positif, akan hidup sebagai anak Tuhan yang tidak produktif dan tidak efektif, sama artinya mereka lupa bahwa dosa-dosa mereka telah diampuni.

Melalui suratnya, Petrus menegaskan bahwa Tuhan Yesus akan datang kembali untuk menghakimi bumi. Jika Yesus belum datang kali yang kedua maka kita yang akan meninggalkan dunia untuk menghadap Dia sebagai Hakim yang Agung. Alkitab memberi pengajaran bahwa jangan datang menghadap Sang Hakim dengan tangan kosong. Artinya, pada waktu kita diminta pertanggungjawaban untuk semua yang telah dititipkan Tuhan kepada kita, apakah secara kualitas sudah kita kembangkan? Apakah kita sudah sungguh menambahkannya secara kuantitas?

Bagaimana praktisnya? Sekali lagi bahwa semua kebajikan, kesalehan, kepedulian, dan perbuatan kasih kepada sesama yang dilakukan demi nama Tuhan Yesus, harus kita tambahkan. Bagaiman dengan harta, pengetahuan, dan pengaruh yang ada pada kita saat ini? Semua itu pun harus dikembangkan sehingga secara kualitas dan kuantitas bertambah. Tentu ketika hal-hal tersebut kuantitasnya bertambah, Tuhan mau kita pakai untuk menambah kuantitas pelayanan kita kepada-Nya, gereja-Nya, dan juga kepada sesama, bukan untuk kesombongan dan nafsu duniawi kita.

Salam perbanyak kuantitas.

Hendra Rey

Refleksi Diri:

  • Apa kuantitas sifat-sifat positif yang sudah Anda tambahkan dalam diri Anda selama setahun terakhir?
  • Jika Anda sudah menambahkan kuantitas, bagaimana sekarang Anda akan memakainya untuk pekerjaan Tuhan?

Published by Krynon Journey : Motivation-Education-Information

Saya menjadikan site ini untuk berbagi Motivasi, Edukasi dan Informasi yang berguna untuk membangun sesama manusia.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: